Selamat datang di Blog Ajun Liem, terima kasih atas kunjunganya, semoga bermanfaat dan selamat membaca

Sabtu, 02 Maret 2013

Penyebab, gejala, dan Tumbuhan Herbal mengatasi penyakit Asam Urat.



 Pendahuluan :

Asam urat, memiliki nama lain yaitu gout dan Al-Razi atau Rhazes. Dahulu asam urat dikatakan sebagai penyakit raja, karna sifat raja yang slalu makan yang enak-enak dan jarang melakukan kegiatan fisik yang menyebabnkan penyakit asam urat terjadi.
berbagai tokoh-tokoh terkenal yang pernah menderita penyakit asam urat:
Kubilai Khan, Raja Henry VIII, Nostrodamus, Isaac Newton, dll.

Karna sejak dahulu telah ada yang namanya penyakit asam urat ini, pastinya para tabib-tabib juga mengetahui tanaman Herbal apa yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat ini.






Penyebab terjadinya asam urat:

► Konsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin secara berlebihan.
► Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
► Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
► Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
► Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.
Pada kejadian kasus yang parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena pada persendian terasa sangat sakit sekali jika bergerak. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.

Gejala-gejala asam urat :

► Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
►Biasanya pada persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
► Terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali.
► Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku.
► Pada kejadian kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.
Untuk mengetahui lebih pasti, penderita harus segera melakukan pemeriksaan di laboratorium. Untuk kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.
Sebagian besar para penderita asam urat juga mempunyai penyakit lainnya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes atau juga penyakit ginjal. Namun faktor kegemukan (obesitas) juga sering kali dijumpai pada penderita asam urat. Apabila penyakit asam urat tidak segera di obati maka bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal penderita asam urat tersebut.


Larangan penderita sama urat :

► Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
► Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
► Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
► Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden).
► Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
► Bebek, angsa dan kalkun.
► Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
► Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
► Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
► Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
► Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
► Makanan kaya protein dan lemak.
Selain beberapa pantangan di atas, penderita penyakit asam urat juga harus selalu banyak minum air putih apalagi bagi mereka yang mempunyai penyakit batu ginjal. Dengan banyak minum air putih akan sangat membantu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine.


Macam-macam tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat:

1. Sidaguri (sida rhombifolia)

Sidaguri dikenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine. Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Sidaguri banyak terdapat di pinggir-pinggir jalan, halaman berumput, hutan, sawah, dan tempat-tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Sidaguri mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memiliki efek mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretik) dan menguatkan stamina. Selain efektif untuk asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual dan kualitas sperma buruk.

Cara Meramu Sidaguri menjadi Obat Asam Urat:
Rebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram.

2. Sambiloto (Adrographis panniculata).

 Sambiloto aslinya merupakan tanaman dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

Cara Meramu Sambiloto menjadi Obat Asam Urat:
Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

3. Daun Salam (Eugenia polyanta).

Daun salam dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

Cara Meramu Daun salam menjadi Obat Asam Urat:
Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

4. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus).

Kumis kucing juga telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara Meramu Kumis Kucing menjadi Obat Asam Urat:
Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

5. Legundi (vitex negundo)

Bunga dan daun Legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica. Pohon legundi adalah semak merayap dengan tajuk tidak beraturan, aromatik, dan tinggi 1-4 m. Pohon ini dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi jalan dan pematang sawah dan berbunga pada bulan Januari – Desember.

6. Habbatussauda (nigella sativa)


Habbatussauda atau jintan hitam telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Yunani dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan. Efeknya yang anti radang sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat meredakan asma, flu dan alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, mencegah kanker, dan banyak lainnya.


7. Salai guggul (boswellia serrata)

Tanaman ini banyak tumbuh di India dan Asia Selatan. Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan asam urat. Asam boswelik yang terdapat di dalamnya dikenal juga dapat mengurangi kolesterol dan melindungi hati terhadap bakteri endotoksin. Bagian non-asam dari ekstrak pohon salai guggul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.


8. Jahe Merah (zingiber officinale)

Jahe merah adalah herbal anti peradangan. Selain itu, jahe merah meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.


9. Brotowali (tinospora cordifolia)

Brotowali dinilai sebagai salah satu herbal utama peningkat sistem imun tubuh (immuno-modulator). Karena sifatnya tersebut, brotowali membuat tubuh lebih sehat terhadap penyakit dan lebih awet muda. Selain meringankan asam urat, brotowali juga bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.


10. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

11. Kacang hijau

Ambil kacang hijau secukupnya. Rebus dengan air bersih 300 sampai 400cc. Tunggu hingga mendidih dan perhatikan jangan sampai kacang hijau pecah atau mletek. Jika sudah ada satu atau dua yang mletek segera matikan api. Saring air kacang hijau dan minum dalam keadaan hangat-hangat kuku. Lakukan 2 kali sehari.

12.Daun Moris atau Sirsak

Jarang orang mengetahui khasiat dari daun sirsak ini. Saya sendiri baru menyadari bahwa tanaman ini memberikan manfaat yang luar biasa untuk penyembuhan rematik dan asam urat. Seorang teman bercerita kepada saya mengenai manfaat daun moris untuk menyembuhkan penyakit rematik dan asam urat setelah dia mengkonsumsi secara teratur. Caranya, ambil daun moris sebanyak 9 lembar, lalu rebus dengan air sebanyak 500cc. Sisakan hingga 200cc, lalu minum dalam keadaan hangat atau sudah dingin.
Untuk penyembuhan dapat diminum 3x sehari. Konsumsi secara teratur selama 3 sampai 4 minggu untuk kesembuhan maksimal, lalu perhatikan apa yang terjadi. Sedangkan untuk mengatasi pegal-pegal dapat meminum 1x sehari sebelum tidur.
Sebagai tambahan informasi, daun moris ternyata dapat menyembuhkan penyakit kanker. Daun moris 10 kali lebih efektif dibandingkan kemoterapi. Konsumsi 3x sehari secara teratur selama 1 bulan untuk mengetahui perubahan yang terjadi. Lakukan dengan kesabaran. Insya Alloh akan sembuh. Waktu 1 bulan tidaklah lama.




Sekian informasi tentang asam urat, semogah dapat bermanfaat bagi kita semua.

~ ~Ajun Liem.^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar